Dispar Sumbar Gelar Pelatihan Sadar Wisata untuk Penggiat Wisata

Dispar Sumbar Gelar Pelatihan Sadar Wisata untuk Penggiat Wisata
Pelatihan sadar wisata

PADANG- Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sumatera Barat menggelar peningkatan dan pengembangan sadar wisata, yang diikuti penggiat pariwisata maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis), di Hotel Grand Zuri, Rabu dan Kamis (26-27/8).

Ketua Panitia Pelaksana, Anastasia menyampaikan, bahwa pelatihan seperti ini diadakan setiap tahunya, pada pelatihan kali ini diikuti sebanyak 95 orang pengelola dan penggiat objek wisata dan wartawan dalam peningkatan dan pengembangan pemahaman dalam gerakan kepariwisataan berbasis masyarakat.

"Kita bersama inginkan agar Sumbar, khususnya Kabupaten Pesisir Selatan menjadi tuan rumah yang baik kepada wisatawan, " ungkap Anastasia.

Selain itu dalam laporanya, ia berharap supaya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan dapat bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat. Tentunya dengan dukungan penuh dari anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Bakri Bakar berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan. 

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial melalui Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Doni Hendra sangat mengapresiasi kehadiran seluruh elemen terkait pariwisata Pessel yang hadir. Pelatihan kali ini diharapkan bermanfaat pada peningkatan dan pengembangan Gerakan sadar wisata (pelatihan sadar wisata).

"Walaupun saat ini pariwisata sudah dibuka, namun tetap kita mengajak pada semua pihak tetap mengikuti protokol kesehatan, "terangnya. 

Kesempatan itu, Anggota DPRD  Sumbar Bakri Bakar menyebutkan, pariwisata mempunyai nilai bisnis dan ekonomi di tengah masyarakat, maka pengembangan pariwisata harus benar-benar dikelolah secara profesional. 

Selaku pemateri, Bakri Bakar menyampaikan tantangan dunia pariwisata pengelolaan pariwisata yang baik dan Sapta pesona adalah penting untuk diterapkan, ekonomi menggeliat jika pengelolaan pariwisatanya dilakukan secara benar. 

Pada hari kedua Kamis (27/8) akan dilanjutkan kunjungan lapangan dan mengadakan aksi penanaman pohon.