Dosen UNP Memberikan Pelatihan Peningkatan Kualitas Produksi dan Pemasaran Produk Kepada Pengrajin Sulaman Benang Emas Kota Pariaman

Dosen UNP Memberikan Pelatihan Peningkatan Kualitas Produksi dan Pemasaran Produk Kepada Pengrajin Sulaman Benang Emas Kota Pariaman

PARIAMAN-Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FPP-UNP), Sumatera Barat terjunkan tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam menghadapi pandemi Covid-19 ke sejumlah UKM di Sumatra Barat.

Untuk itu tim PKM UNP  turun langsung ke kota Pariaman, Kamis, (24/9/2020) untuk melakukan pelatihan pada UKM kota Pariaman yang tengah dihadapi pengrajin sulaman benang emas 'Usaha Sulaman Indah' dan 'Usaha Sulaman Empat Saudara' dimasa pandemi covid-19 ini.

Ketua tim PKM UNP di Pariaman, Weni Nelmira, S.Pd., M.Pd.T (dosen Tata Busana Fakultas Pariwisata dan Perhotelan) didampingi oleh tim dari fakultas Ekonomi dan fakultas Ilmu Sosial mengungkapkan pada media, bahwa pihaknya sudah melakukan pelatihan dalam bentuk strategi produksi untuk peningkatan kualitas produk sulaman yang meliputi desain motif, pembuatan pola produk, kombinasi warna dan diversifikasi produk sulam. 

Disebutkan Weni Nelmira pihaknya juga menyajikan materi tentang teknik pemasaran online, teknik menyusun laporan keuangan usaha  serta paparan tentang peran nagari dalam pemberdayaan UKM yang diikuti sebanyak 22 pelaku UKM kota Pariaman . 

Tim PKM UNP berharap dengan adanya pelatihan pada UKM di kota Pariaman ini bisa menciptakan terobosan atau inovasi agar produk yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini atau tidak bergantung pada wisatawan yang datang untuk membeli produk pada musim pademi ini.

"Untuk itu perlu adanya strategi produksi dan pemasaran yang efektif untuk dilakukan". harapnya.

Diharapkan dengan ilmu pengetahuan yang diberikan ini dapat membuka wawasan dan pengetahuan pengrajin sehingga pandemi covid 19 yang terjadi saat ini dapat disiasati dengan inovasi produk baru yang kompetitif dan strategi pemasaran online yang tidak lagi bergantung pada konsumen yang datang membeli. 

"Melihat antusias peserta mengikuti pelatihan ini, kami berharap kegiatan PKM terhadap UKM seperti ini dapat dilanjutkan oleh berbagai pihak sehingga pemberdayaan yang dilakukan secara kontinue dan berkesinambungan dapat memberdayakan UKM Sulaman benang emas khususnya dan UKM Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya". pungkas Weni Nelmira, S.Pd., M.Pd.T. (Weni Nelmira/Zul Abrar)