Pemda Pasaman dan Pemko Pariaman Tandatangani MOU Bidang Kemetrologian

Pemda Pasaman dan Pemko Pariaman Tandatangani MOU Bidang Kemetrologian
Bupati Pasaman dan Walikota Pariaman Tandatangani MOU Bidang Kemetrologian
Pemda Pasaman dan Pemko Pariaman Tandatangani MOU Bidang Kemetrologian

Pasaman - Nota Kesepakatan Bersama Kerjasama Bidang kemetrologian antar Pemerintah, antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman  dan Pemerintah Kota Pariaman ditandatangani oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis  SH, Msi dan Walikota Pariaman Dr. Genius Umar di Balairong Pusako Anak Nagari Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, Senin (21/09/20).

Kegiatan acara penandatangan MOU kemetrologian diawali dengan laporan dari Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga kerja  Kabupaten Pasaman Drs. MN. Susilo, MM yang menyebutkan, dengan berpedoman kepada Surat Edaran Mendagri dan Menteri Perdagangan RI Nomor 557/78/SJ dan 01/M-DAG/ED/I/2017 tanggal 10 Januari 2017 Tentang Penyelenggaraan Metrologi Legal  diperlukan keejasama dibidang pelayanan metrologi legal dengan kabupaten/kota terdekat yang telah memiliki Surat Keterangan Kemampuan Pelayanan Tera dan Tera Ulang  (SKKPTU).

Berdasarkan hal tersebut sebagai dinas teknis pelaksana kegiatan dibidang kemetrologian mengambil insiatif untuk melakukan kerjasama pelayanan ketrologian dengan UPTD Kemetrologian Kota Pariaman dengan berpedoman kepada azaz manfaat, efisien dan saling menguntungkan kedua belah pihak dengan tujuan utama adalah untuk kelancaran pelayanan publik serta untuk menghindari terjadinya stagnasi penyelenggaraan tera dan tera ulang di Kabupaten Pasaman, ungkap MN. Susilo.


Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, SH, Msi menyampaikan Keterbatasan sumber daya yang dimiliki masing-masing daerah Kabupaten dan Kota  yang pada akhirnya dapat menghambat penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Oleh karena itu daerah dituntut lebih proaktif dan melakukan inovasi untuk mengatasi  keterbatasan-keterbatasan tersebut dalam rangka mengembangkan serta mengoptimalkan semua potensi yang ada di daerahnya. Salah satunya yang  dapat dilakukan dengan mengadakan kerja sama antar daerah sebagaimana diamanatkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menyebutkan bahwa Pemerintahan Kabupaten/Kota memiliki kewenangan dalam kerjasama, adalah kerjasama antar daerah.

Kerjasama antar daerah adalah bagaimana mengupayakan dan menyelaraskan serta  mensinkronkan beberapa kegiatan di pemerintahan sehingga kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota dalam  proses pelaksanaan tugas dan fungsi segenap aparatur penyelenggara dapat berjalan optimal melalui pengaturan bersama dan kesepakatan bersama.

Kerjasama menjadi salah saru kunci keberhasilan penyelenggaraan pembangunan di daerah, dimana kita harus mampu menggandeng segala lini dengan wujud nyata yang  dituangkan dalam MOU, sambut Yusuf Lubis.

Yusuf Lubis juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi mendalam kepada Dr. Genius Umar sebagai Walikota Pariaman yang turut mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur  di Pilkada  Desember 2020 mendampingi Bapak Fakhrizal sebagai calon Gubernur Propinsi Sumatera Barat yang telah bersedia menjalin kerjasama dibidang kemetrologian, apalagi kita semua mengetahui bahwa Kota Pariaman pernah mendapatkan penghargaan tertib ukur terbaik di Indonesia Tahun 2019.

Sementara itu, Walikota Pariaman Dr. Genius Umar dalam sambutannya menyampaikan, dalam sistem perdagangan modern orang selalu menghendaki kecepatan dan ketepatan dalam segala hal, termasuk didalamnya kecepatan dalam pelayanan, ketepatan waktu dan ukuran. 

Untuk melindungi kepentingan umum perlu adanya jaminan dalam pengukuran serta adanya kepastian hukum dan ketertiban dalam pemakaian satuan ukuran, timbang dan takaran dan perlengkaoan lainnya yang digunakan pedagang.

Dalam menjalankan amanat undang undang untuk kebutuhan masyarakat serta melaksankan program wisata halal maka Pemko Pariaman membuat program Tertib Ukur disegala bidang. Progam ini sudah mendapatkan penghargaan Pasar Tertib Ukur 2016 dan 2018 serta penghargaan daerah tertib ukur 2019.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Pemerintah Kota Pariaman menerima kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah dalam rangka mewujudkan daerah yang tertib ukur dan meningkatkan citra daerah  dalam bidang perniagaan.

Dalam acara tersebut dihadiri juga oleh Sekda Kabupaten Pasaman Drs. Maraondak, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala SKPD dikedua pemerintahan. ( Shira/Anto).