Pengerjaan Puskesmas Kayu Gadang Sutera Terkesan Amburadul, Pekerja Bekerja Tanpa Pengaman

Pengerjaan Puskesmas Kayu Gadang Sutera Terkesan Amburadul, Pekerja Bekerja Tanpa Pengaman

PESSEL - Proyek pembangunan Puskesmas Kayu Gadang Sutera Kecamatan Sutera sedang dilaksanakan dengan rincian nilai kontrak mencapai Rp.5, 891, 214000. Proyek yang dimenangkan PT Debetindo Jaya ini dikerjakan dengan jangka waktu 210 hari kalender.

Karena kurangnya pengawasan, Jumat (2/9/2020) kru warta.co.id melakukan investigasi lapangan terlihat buruh bekerja di atas atap dan sedang memasang rangka baja, mereka terlihat tak memakai pengaman sama sekali. Ketika hal ini ditanyakan kepada Kh (60) dengan santai dia menjawab, anak buah saya tak perlu pengaman pak, karena susah kalau pakai pengaman. Pekerjaa ini turun naik.

Padahal dalam Peraturan Pemerintah no 50 tahun 2012 tetang penerapan sistem managemen keselamatan kerja sudah di atur dengan jelas.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan via telepon Satria Wibawa, dengan gagap dia menjawab "bahwa tetang tehnis pekerjaan saya kurang tau pak jawabnya, kalau kepingin tau lebih jelas hubungi saja Kabid saya, " sembari menutup teleponnya.

Dari pantauan di lapangan pekerjaan masih berlangsung. Informasi didapat dari warga setempat diperoleh informasi bahwa timbunan untuk gedung ini juga dibeli pada masyarakat saja tampa dukungan aquari dan pastinya ilegal, sumber kayu juga diduga diragukan siapa pemasoknya.

Pemenang tender PT Debetindo Jaya juga tidak ada membuat di papan agaran di mana kantor perusahaan ini berada, sehingga untuk menghubunginya sangat rumit, ada informasi lapangan bahwa proyek ini dikuasai Iwan orang dekat penguasa, tetapi hp Iwan ini juga tidak bisa dihubungi sampai berita ini diturunkan dan tak ada tanggap yang jelas dari proyek uang rakyat ini. (Adi Kampai)